Perbedaan IP PBX dan PABX

Komunikasi menjadi hal yang penting untuk dijaga. Dalam menjaga komunikasi yang efektif, umumnya perusahaan menggunakan sistem komunikasi atau telepon internal. Sehingga tidak mengherankan dalam satu perusahaan memiliki nomor ekstensi khusus untuk tiap karyawan atau divisi yang dapat melakukan panggilan telepon ke internal maupun eksternal.

Umumnya, sistem telepon internal perusahaan ini disebut PABX. Namun, ada juga yang menyebut dengan istilah PBX. Meski sekilas keduanya terdengar mirip, tapi nyatanya keduanya memiliki perbedaan.

Apa perbedaan IP PBX dan PABX? Yuk, simak penjelasannya pada artikel ini.
Software CRM dan Call Center Terbaik by Barantum

Apa Perbedaan IP PBX dan PABX?

IP PBX atau Private Branch Exchange adalah sistem telepon yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Sedangkan PABX atau Private Automatic Branch Exchange adalah perangkat yang berfungsi sebagai pemusatan telepon dalam suatu lokasi tertentu.

IP PBX dan PABX memiliki perbedaan mulai dari perbedaan mendasar, seperti pengertian hingga kegunaan dan cara penggunaannya. Berikut masing-masing penjelasan perbedaan dari keduanya.

1. Pengertian IP PBX dan PABX

IP PBX adalah sistem telepon yang lengkap yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Sehingga semua percakapan akan dikirim sebagai paket data melalui jaringan.

Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih. Namun, juga memberikan fleksibilitas dalam pengembangan (ekspansi) dan keawetan yang diinginkan semua perusahaan.

Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada. Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VoIP (voice over internet protocol). Sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler.

Sedangkan PABX merupakan singkatan dari private automatic branch exchange, yaitu perangkat yang berfungsi sebagai pemusatan telepon dalam suatu lokasi tertentu. Misalnya, kantor, gedung, perumahan dan lain-lain..

Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan ke nomor tujuannya. Sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan panggilan ke nomer tujuan. Yaitu, hanya dengan menekan nomor tujuannya (nomor extension atau nomer rumah).

Sistem PABX memiliki beberapa/banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah “branch” dalam kepanjangan PABX. Karena “branch” atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX.

Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.

2. Cara Kerja IP PBX dan PABX

Pada sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VoIP gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server.

Cara kerja IP PBX, yaitu klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX. Dan, ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel/pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka. Dengan demikian, dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal, baik melalui VoIP gateway atau penyedia layanan VoIP.

Sedangkan cara kerja PABX merupakan modem yang berfungsi sebagai control station center. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan diarahkan melalui control station. Di dalam PABX telah dimasukkan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor atau extension. Sehingga telepon yang masuk akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.

3. Keuntungan dan Manfaatnya

Keunggulan IP PBX, yaitu lebih mudah untuk menginstal dan mengkofigurasi serta tidak perlu menggunakan kabel telepon. Di samping itu, IP PBX hemat biaya karena menggunakan penyedia VoIP dan terhindar dari ketergantungan vendor/brand PBX IP.

Dengan demikian, IP PBX lebih mudah untuk digunakan dan mampu meningkatkan pelayanan pelanggan Anda. Terlebih IP PBX dapat terintegrasi CRM untuk lebih mengoptimalkan operasional perusahaan Anda.

Di sisi lain, penggunaan PABX pun memiliki keunggulan. PABX dapat diprogram sehingga akan muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum diarahkan ke tujuan yang bersangkutan. 

Pada PABX modern bahkan dapat diprogram dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar. Sistem ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.

PABX juga dapat digunakan sebagai auto attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya.

Buat Komunikasi Bisnis Anda Makin Efektif Sekarang! 

Kini Anda telah mengetahui apa perbedaan IP PBX dan PABX. Dari segi kegunaan, keduanya sama-sama untuk memudahkan komunikasi perusahaan. Namun, pada IP PBX ditunjang dapat terintegrasi dengan CRM. Sehingga Anda bisa lebih mendapatkan kemudahan dalam mengoptimalkan perusahaan Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai IP PBX atau ingin memasang IP PBX pada perusahaan Anda, Barantum adalah solusinya. Barantum merupakan perusahaan terbaik di Indonesia yang menawarkan solusi software cloud CRM dan IP PBX pertama di Indonesia.

Software CRM dan Call Center Terbaik by Barantum

Rekomendasi Artikel

  1. 6 Aplikasi Call Center Terbaik di Indonesia
  2. Apa itu Call Center? Pengertian dan Fungsi Call Center
  3. Apa itu IP-PBX? Pengertian dan Cara Kerjanya
  4. Atasi Kesalahanan Strategi Marketing dengan Software Omnichannel
  5. Maksimalkan Penjualan dengan Strategi Marketing Software Omnichannel

Dapatkan Sekarang!


5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".