IP PBX merupakan sistem telepon lengkap yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Semua percakapan dikirim sebagai paket data melalui jaringan.

Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih tetapi juga memberikan dosis skalabilitas dan kekokohan yang signifikan tanpa khawatir. IP PBX juga dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway opsional – sehingga meningkatkan komunikasi bisnis sehari-hari ke jaringan suara dan data yang paling canggih dan sangat mudah!

Perusahaan tidak perlu mengganggu infrastruktur dan operasi komunikasi eksternal mereka saat ini. Dengan IP PBX , perusahaan bahkan dapat menyimpan nomor telepon biasa. Dengan cara ini, IP PBX mengalihkan panggilan lokal melalui jaringan data di dalam perusahaan dan memungkinkan semua pengguna untuk berbagi saluran telepon eksternal yang sama.

 

Manfaat # 1: Lebih mudah dalam instalasi & mengkonfigurasi, daripada sistem telepon khusus:

 

IP PBX berfungsi sebagai perangkat lunak pada komputer dan dapat  di konfigurasi baik fiturnya dan juga interfacenya. Siapa pun yang mahir dalam jaringan dan komputer dapat menginstal dan memelihara IP PBX. Sebaliknya sistem telepon proprietary sering membutuhkan installer yang terlatih pada sistem tertentu.

 

Manfaat # 2: Lebih mudah dikelola karena interface / antarmuka konfigurasi berbasis web / GUI:

 

Sebuah IP PBX dapat dikelola melalui antarmuka konfigurasi berbasis web atau GUI, memungkinkan Anda untuk dengan mudah menjaga dan menyempurnakan sistem telepon Anda.

 

Manfaat # 3: Penghematan biaya yang signifikan menggunakan penyedia VoIP:

 

Dengan IP PBX Anda dapat dengan mudah menggunakan Penyedia VOIP untuk panggilan jarak jauh dan internasional. Jika Anda memiliki kantor cabang, Anda dapat dengan mudah menghubungkan sistem telepon antar cabang dan membuat panggilan telepon gratis.

 

Manfaat # 4: Hilangkan kabel telepon!

 

Sebuah sistem Telepon IP memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat keras telepon IP langsung ke port jaringan komputer standar (yang dapat dibagikan dengan komputer yang berdekatan). Ponsel perangkat lunak dapat diinstal langsung di PC. Anda sekarang dapat menghilangkan kabel telepon dan membuat penambahan atau pemindahan ekstensi jauh lebih mudah. Di kantor, Anda benar-benar dapat menghilangkan kebutuhan untuk kabel port tambahan yang akan digunakan oleh sistem telepon kantor!

 

Manfaat # 5: Hilangkan ketergantungan kepada vendor

 

IP PBX didasarkan pada standar SIP terbuka. Anda dapat mencampur dan mencocokkan perangkat keras atau ponsel perangkat lunak SIP dengan IP PBX berbasis SIP, penyedia Gateway PSTN atau VOIP. Sebaliknya, sistem telepon proprietary sering membutuhkan ponsel eksklusif untuk menggunakan fitur-fitur canggih, dan modul ekstensi eksklusif untuk menambahkan fitur.

 

Manfaat # 6: Scalable! (Dapat di perluas)

 

Sistem kepemilikan mudah diatasi. Menambahkan lebih banyak saluran telepon atau ekstensi sering membutuhkan modul perangkat keras yang mahal. Dalam beberapa kasus Anda memerlukan sistem telepon yang sepenuhnya baru. Tidak demikian halnya dengan IP PBX. Komputer standar dapat dengan mudah menangani sejumlah besar saluran telepon dan ekstensi – cukup tambahkan lebih banyak ponsel ke jaringan Anda untuk memperluas!

 

Manfaat # 7: Layanan & produktivitas pelanggan yang lebih baik!

 

Dengan IP PBX Anda dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan produktivitas yang lebih baik. Karena sistem sekarang berbasis komputer, Anda dapat mengintegrasikan fungsi telepon dengan aplikasi bisnis. Misalnya, tampilkan catatan pelanggan dari penelepon secara otomatis saat Anda menerima panggilannya, secara dramatis akan meningkatkan layanan pelanggan dan memotong biaya dengan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk setiap penelepon. Panggilan keluar dapat ditempatkan langsung dari Outlook, menghapus kebutuhan pengguna untuk mengetikkan nomor telepon.

 

Manfaat # 8: Dua kali fitur sistem telepon untuk setengah harga!

 

Karena IP PBX berbasis perangkat lunak, lebih mudah bagi pengembang untuk menambah dan meningkatkan set fitur. Kebanyakan sistem telepon VoIP dilengkapi dengan set fitur yang kaya, termasuk petugas otomatis, pesan suara, grup dering, dan pelaporan lanjutan. Fitur Komunikasi Terpadu disertakan untuk mendukung kehadiran, konferensi video dan audio dan panggilan gratis melalui jaringan data.

 

Manfaat # 9: Hot desk dan roaming!

 

Saat ini sedang trend istilah Hot desk, yaitu proses untuk dapat dengan mudah memindahkan kantor / meja berdasarkan tugas yang ada. Sayangnya PBX tradisional membutuhkan ekstensi untuk ditambal ulang ke lokasi baru. Dengan IP PBX, pengguna hanya membawa teleponnya ke meja barunya.

Bahkan jika seorang karyawan harus bekerja dari rumah, dia dapat dengan mudah menyalakan ponsel perangkat lunak SIP mereka dan dapat menjawab panggilan ke ekstensi mereka, seperti yang akan mereka lakukan di kantor. Panggilan dapat dialihkan ke mana saja di dunia karena karakteristik protokol SIP!

 

Manfaat # 10: Penggunaan telepon yang lebih baik:

 

Ponsel SIP lebih mudah digunakan!

Karyawan sering kesulitan menggunakan fitur telepon tingkat lanjut. Menyiapkan konferensi, atau mentransfer panggilan pada PBX lama membutuhkan petunjuk yang detail atau instruksi terperinci.

 

Kesimpulan

 

Berinvestasi dalam IP PBX berbasis perangkat lunak sangat masuk akal, tidak hanya untuk perusahaan baru yang membeli sistem telepon, tetapi juga bagi perusahaan yang sudah memiliki PBX. IP PBX memberikan penghematan yang signifikan dalam manajemen, pemeliharaan, dan biaya panggilan, meningkatkan sistem telekomunikasi anda ke IP PBX harus menjadi pilihan yang jelas untuk perusahaan mana pun.

Baca juga artikel mengenai Perbedaan IP PBX dan PABX

Bila Anda tertarik mengimplementasikan IP PBX dalam perusahaan anda, Barantum adalah solusi terbaik bagi pengembangan perusahaan anda untuk meningkatkan profit sales dengan sistem cloud CRM yang dapat terintegrasi dengan IP PBX pertama di Indonesia.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".